PLAN YOUR

DREAM
TRIP

Cari Jadwal Perjalanan

Kota Asal
Kota Tujuan
Tgl. Berangkat
Jml Penumpang

Tips Jalan-Jalan ke Tana Toraja ala Pemuda Toraja

10 September 2015

Tana Toraja merupakan salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang memiliki keunikan budaya dan keindahan pariwisata yang mengagumkan. Rambu Tuka (pesta pernikahan) dan Rambu Solo (upacara kematian) merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain itu objek wisatanya pun menarik dikunjungi seperti saja Londa, Ke’tekesu, Tilanga, Batutumonga, Pallawa, Pango-Pango, Gunung Sesean,Makula yang merupakan objek wisata favorit para pelancong. Mungkin hal inilah yang membuat sebagian orang menjulukinya Tana Toraja sebagai gudang wisata Sulawesi Selatan. Animo wisatawan cukup tinggi ke Toraja terutama di bulan Desember dimana di bulan ini ada banyak sekali pertunjukan budaya dan tour wisata.

Tongkonan

 

Namun terkadang, para wisatawan terutama yang baru pertama kali ke Toraja kebingungan dalam hal mencari transportasi dan akomodasi di Tana Toraja. Belum lagi banyaknya sms dan pesan yang masuk di account Facebook dan handphoneku dari wisatawan yang bertanya pada saya. Tergerak dari kejadian inilah, maka saya menuliskan tips jalan-jalan di Toraja. Tips ini saya paparkan berdasarkan banyaknya pertanyaan yang sering ditanyakan ke saya :

  1. Kalau aku tiba di Makassar dan lanjut mau ke Toraja , bagusnya naik bus apa ya mas? Jawab: Semua armada bus bagus sih, tapi kalau dari pengalamanku, jika mau bus yang lumayan murah dan pelayanan lumayan bagus bisa naik bus bus Primadona (telepon 0411 477 2290) . Tiket bisa dipesan online di sini.
  2. Kalau menginap di Toraja, bagusnya nginap di mana ya? Di Toraja ada bisa nginap di wisma atau hotel. Kalau mau wisma yang murah bisa nginap di Wisma Sarla, dekat rumah sakit Marampa Jalan Andi Mappanyukki No.83 Rantepao harga Rp. 75 ribu- Rp. 150 ribu ( Pemesanan kamar sebaiknya dilakukan paling cepat tiga hari sebelum check dan hubungi 042321167 atau 082395635791). Kalau mau wisma yang menjadi favorit wisatawan selama ini bisa nginap di Wisma Maria 1 (Jalan Dr. Sam Ratulangi - Rantepao - Toraja Utara - Tlp. 0423 21165 dan Wisma Maria 2 (jalan pongtiku rntepao 0423 21288) tarifnya mulai dari 160 ribu ( wisma ini menjadi rekomendasi penginapan murah dan nyaman di Lonely Planet). Nah kalau mau nginap di hotel bisa nginap di Hotel Indra ( Jalan Landorundun No 63 Telpon 0423 21583, 21163) . Sejauh ini menurut Agoda, hotel ini paling murah di Toraja dengan tarif mulai 350 ribu. Kalau mau hotel yang menurutku kelas 1 dan punya pelayanan yang mantap bisa nginap di Hotel Missiliana (Jalan Pongtiku no 27 Rantepao telepon 042321212, 042321575) dengan tarifnya mulai dari 600 ribu.
  3. Tempat kuliner favorit di Toraja dimana ya? Oh ya, aku juga punya teman muslim nih, ada gak restoran muslim di Toraja? Jawab: Wah, kalau tempat kuliner banyak sih tapi yang paling favorit di warung Pong Burrik (Depan Smp 1 Rantepao) dimana anda akan temukan aneka masakan khas Toraja seperti lendong pammarasan, ikan pammarasan, dangkot ayam, Papiong dan masih banyak lagi Nah bagi yang agama Muslim, bisa kunjungi warung Satria Desa ( samping BNI Jalan poros Palopo Jl. Diponegoro No. 15 Rantepao - Toraja Utara telepon 0423 21225., warung Sari Kostan (samping mesjid Rantepao), Mitra Patma (depan kantor Pos Rantepao) atau restoran Mambo (Jl. Sam Ratulangi - Rantepao - Toraja Utara Tlp 042321134).
  4. Kalau mau belanja oleh-oleh khas Toraja di mana ya? Jawab: Nah, kalau mau beli souvenis khas Toraja kebanyakan ke pusat pertokoan Rantepao. Kamu bisa temukan kaos Toraja mulai harga Rp. 60.000, gantungan kunci seharga Rp. 5000, gelang, kalung, ukiran Toraja dan makanan ringan asal Toraja seperti Bade Kadong dan Tori’.
  5. Kami kepingin banget lihat kerbau belang di Toraja, dimana ya kami bisa lihat? Jawab: Wah, kalau kerbau sih banyak, di sekitaran sawah ada, tapi kalau mau lihat aneka ragam kerbau sekaligus mau tahu harganya bisa kunjungi Pasar Bolu bagian pasar hewan. Di sana kalian akan lihat ratusan kerbau yang diperjualbelikan mulai 20 juta sampai milyaran loh. Bagusnya datang pas hari pasar karena lebih rame.
  6. Kapan Rambu Tuka (pesta pernikahan) dan Rambu Solo (upacara kematian) diadakan di Toraja? Jawab: Mengingat Rambu Solo & Rambu Tuka' diadakan/ ditentukan pelaksanaannya oleh seluruh rumpun keluarga besar (Tongkonan), jadwal acara bersifat tentatif. Kalau rambu Tuka biasanya hampir dilaksanakan tiap bulan tapi kalau Rambu Solo paling ramai bulan Juni dan Desember mengingat Rambu Solo diadakan ketika semua rumpun keluarga berkumpul dan biasanya waktu liburan akhir tahun dimanfaatkan anggota keluarga tersebut terutama yang berada di daerah perantauan Informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor kontak Tourist Information Centre Disbudpar Torut (0423) 21277 / 25455, Fax: (0423) 25455.
  7. Dimana ya sewa/rental mobil dan motor di Toraja? Jawab: Kalau mau rental mobil bisa hubungi hubungi bapak Basri Jayus (telepon 085299503883, 081244441882, 085255394980), atau bisa juga hubungi rental lainnya di 0813-553-89718, 081355116449. Harganya sekitar 400 ribu/perhari. Nah, bagi yang mau rental motor bisa di Lebonna Tour jalan Wolter Monginsidi (depan Sma Katolik Rantepao) telepon 0423 23520
  8. Bagaimana caranya jika saya mau lihat ritual Ma'nene atau upacara mengganti baju orang yang telah meninggal? Jawab: Anda bisa datang ke daerah Baruppu dimana Upacara/Ritual Ma' Nene' dilaksanakan setiap tahun, yaitu selama Bulan Agustus (1-31). Di tahun 2014, Upacara Ma' Nene' bertepatan dengan Acara Pertemuan Keluarga Baruppu (PKB) yg dilaksanakan 1 kali dalam 3 tahun. Di Baruppu Upacara Ma' Nene' hanya mengganti pakaian Mayat, tdk ada penggantian Peti. Sebagaimana makna yg terkandung dalam Filosofi Ma' Nene. Bahkan ada beberapa pemakaman Tua di Baruppu, peti jenazah tdk lagi dipakai, melainkan jenazah langsung di masukkan di Lo'Ko'/Liang Paa' (Kuburan Dari Batu), setelah jenazah Dibalun (dibungkus dengan kain) kembali. Upacara Ma' Nene pertama kali dilaksanakan di Baruppu. Setelah itu upacara ini lalu dilaksanakan juga di Rindingallo, Pangala, Sarambu, Lo'Ko Uru', Ke'Pe' Maiting, Lempo Poton. Selain Baruppu, Upacara Ma' Nene' dilaksanakan 1 kali dalam 3 tahun. (Info dari FB kak Norris Sandang).
  9. Apa objek wisata yang paling favorit di Toraja? Jawab: Ada banyak objek wisata di Toraja, namun yang paling favorit yaitu:
    1. Ketekesu, situs pekuburan tebing dengan kuburan bergantung dan tau-tau dalam bangunan batu.
    2. Tilanga, tempat permandian alam dan didasar telaganya, banyak hidup ikan lele maupun belut se-ukuran paha manusia dewasa.
    3. Londa, anda akan menemukan tengkorak manusia, peti-peti mayat diatur sesuai dengan garis keluarga. Anda juga akan temukan tengkorak sepasang kekasih yang cerita cintanya seperti Romeo dan Juliet.
    4. Batutomonga, dari tempat ini Anda dapat melihat keindahan rantepao dan lembah sekitarnya.
    5. Pallawa, anda akan temukan rumah adat Tongkonan yang sangat menarik dan berada di antara pohon-pohon bambu di puncak bukit. Tongkonan tersebut didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan di bagian depan rumah adat.
    6. Lemo, Tempat ini sering disebut sebagai rumah para arwah. Di pemakaman Lemo Anda dapat melihat mayat yang disimpan di udara terbuka, di tengah bebatuan yang curam. Kompleks pemakaman ini merupakan perpaduan antara kematian, seni, dan ritual.
    7. Kambira, kuburan bayi di atas pohon.
    8. Suaya.
    9. Makula, tempat permandian alam belerang.
    10. Desa Pango-Pango, desa wisata dengan pemandangan alam yang indah.

Demikianlah pertanyaan yang kebanyakan diajukan oleh para wisatawan yang hendak berkunjung ke Toraja. Semoga perjalanan anda ke Toraja aman dan lancar. Selamat menikmati Tana Toraja.



Tags:





Let's socialize




© 2015 | GGTechno
All Rights Reserved


Customer Support
Jl. Perintis Kemerdekaan KM 13
Komp Ruko Bukit Khatulistiwa
Blok B No 8 - Makassar
0411 - 4772290
ticket@primadonabus.com