PLAN YOUR

DREAM
TRIP

Cari Jadwal Perjalanan

Kota Asal
Kota Tujuan
Tgl. Berangkat
Jml Penumpang

14 Tempat Wisata Menarik yang dekat dari Makassar

12 Maret 2017

Mungkin masih banyak dari Anda yang belum pernah berkunjung ke Makassar, ibu kota provinsi Sulawesi Selatan yang juga merupakan kota terbesar dengan pembangunan paling pesat di wilayah timur Indonesia.

Kota pelabuhan ini sudah “bergeliat” sejak jaman penjajahan Belanda di abad ke-17 dan dijadikan salah satu pusat jalur perdagangan. Bahkan hingga sekarang kota ini masih jadi gerbang penghubung menuju wilayah-wilayah lain di Indonesia Timur.

Sebagai kota metropolitan yang modern, Makassar tetap menyimpan pesona sejarah dan budaya yang tetap terjaga dengan apik.

Tak heran jika beberapa waktu terakhir kota ini tumbuh menjadi salah satu destinasi wisata favorit, baik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dari pantai-pantai tersembunyi, aktivitas pesisir yang memikat, pesona kuliner yang begitu beragam, sampai keramahan warganya membuat kota yang dijuluki Kota Angin Mamiri ini layak menjadi tujuan liburan Anda selanjutnya.

Untuk Anda yang belum pernah sama sekali menginjakkan kaki ke sana, kami akan memberikan panduan lengkap yang akan memudahkan Anda saat mengunjungi Makassar dan tempat-tempat menarik lain di sekitarnya.

PS: Kalau berkunjung ke Makassar Anda WAJIB  mencoba kuliner khas setempat, seperti Pisang Epe, Coto Makassar, Jalangkote, Pallubasa, Es Pallu Butung, Mie Titi, Sop Konro, dan masih banyak lagi!!!  

kuliner-makassar-1-via-zizafm,-vsamperuru,-alkham_zahra,-jenniferlim11,-lopi_c

Photo via zizafm, vsamperuru, alkham_zahra, jenniferlim11, lopi_c

Cara ke Sana (dari Jakarta)
Waktu terbaik untuk berkunjung ke Makassar
Transportasi

Atraksi Wisata

1. Siap mengeksplorasi berbagai keanekaragaman alam?: Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Taman nasional ini menyimpan banyak kekayaan ekowisata dengan bentang alam pemandangan yang sungguh memesona.

Dari The Kingdom of Butterflies (Kerajaan Kupu-Kupu) yang memiliki ratusan spesies kupu-kupu, Air Terjun Bantimurung nan megah, sampai gua-gua prasejarah, pegunungan karst, dan danau yang memukau di Rammang-Rammang. Dijamin, Anda akan puas menjelajah kawasan taman nasional ini!

1-a. Telaga, gua, dan hutan batu nan eksotis: Rammang-Rammang

Mengunjungi Rammang-Rammang seolah kita dibawa ke negeri antah berantah di jaman purbakala.

Photo by Imron Ramadhan

Photo by setapakkecil, mochammad darwis

Selain terdapat Goa Mimpi dan Goa Batu, yang juga jadi daya tarik utama dari area ini adalah hutan batu kapur (karst) yang sangat unik. Deretan bukit-bukit batu kapur yang tersebar di lahan seluas 45 hektar ini merupakan sebuah fenomena alam yang tiada duanya.

Photo via jaurirakasiwi

Photo via aryzandy007, l aeroplanino

Photo via yosefrn, roseriell

1-b. Melihat kupu-kupu dan air terjun yang indah: The Kingdom of Butterflies

Peneliti ternama berkebangsaan Inggris, Alfred Russel Wallace, menjuluki Bantimurung sebagai Kerajaan Kupu-Kupu karena ia berhasil menemukan 285 spesies kupu-kupu (beberapa di antaranya termasuk spesies langka!) ketika pertama kali berkunjung ke sini.

Photo by tama trvl, thatsofarah

Namun atraksi utama yang memikat pengunjung ke sini adalah Air Terjun Bantimurung yang tampak amat megah dengan gemuruhnya yang menggema di tengah alam.

Photo via stefannyct

Photo via tinorenato, sunshinekelly2988

1-c. Siap untuk trekking?: Gunung Bulusaraung

Walaupun Anda bukan penggemar berat trekking, namun tak ada ruginya untuk mencoba mendaki Gunung Bulusaraung yang terdapat di kawasan taman nasional ini.

Photo via jaurirakasiwi

Setibanya di ketinggian, pandangan Anda akan disuguhkan oleh panorama pegunungan batu kapur dan lembah-lembah di Pangkep-Maros dengan struktur yang unik. Siapa tahu, mungkin Anda juga akan berpapasan dengan satu dua ekor kera!

Photo via khalil gbrn

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Lokasi: Kabupaten Maros – Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Koordinat di sini.
Telepon: 0411-388 0252
Tiket Masuk: Rp25.000,-/orang | Rammang-Rammang Rp5.000,-/orang, sewa perahu Rp200.000,-/perahu atau sekitar Rp50.000,-/orang
Cara ke Sana: Berjarak sekitar 20Km dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, taman nasional ini dapat dicapai menggunakan pete-pete dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Kalau dari pusat kota Makassar, Anda bisa naik pete-pete tujuan Maros dari Makassar Mall selama satu jam.

Dapatkan ide liburan seperti ini di halaman Facebook kami:

2. Menikmati pesona surga tersembunyi dari atas tebing: Apparalang, Bulukumba (4,5 jam dari Makassar)

Keindahan Pantai Apparalang yang terletak di daerah Bulukumba ini rasanya wajib Anda saksikan saat berlibur ke Makassar.

Deretan tebing karang yang memanjang di sepanjang pesisir pantai menciptakan sebuah pemandangan yang tak kalah dengan yang biasa Anda lihat di Bali. Apalagi ketika deburan ombak datang dan menghantam batu-batu karang yang ada di situ…luar biasa!

Photo via muslimin mg

Photo via anita yunus, nieljandri

Agar kunjungan Anda tambah berkesan, terdapat sebuah anjungan kayu di atas karang yang menjorok ke arah laut. Asyik buat duduk-duduk santai atau piknik sambil menikmati keindahan alam. Karena ombak di sini tidak terlalu besar, Anda pun bisa bermain air dan snorkeling kalau mau.

Photo by bugismakassartrip

Surga tersembunyi ini tergolong obyek wisata yang masih asri dan belum banyak diketahui orang, makanya sayang sekali kalau Anda tak menyempatkan diri ke sini!

Photo via misstikuss, anggraha

Pantai Apparalang

Lokasi: Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan
Cara ke Sana:  Kawasan pantai ini berjarak sekitar 200Km dari Kota Makassar dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor selama sejam dari pusat Kabupaten Bulukumba. Anda juga bisa ke sini menggunakan angkutan umum antar daerah dengan tarif bervariasi antara Rp45.000-Rp55.000. Koordinat di sini.

3. Mahakarya terbaik dari alam: Celebes Canyon (2 jam dari Makassar)

Tempat wisata yang masih baru ini terletak di Kabupaten Barru. Netizen menamainya Celebes Canyon karena penampakannya yang sekilas mirip dengan obyek wisata Grand Canyon di Amerika Serikat. Lihat saja sendiri foto-fotonya, terlihat seperti sebuah karya seni nan eksotis bukan?

Photo by afdaldhikri

Keindahannya yang tiada tara serta aliran air yang tak pernah surut, meski saat musim kemarau, menjadikan tempat ini asyik untuk escape sejenak sambil menikmati aliran air Sungai Ule yang jernih dan sejuk.

Photo by ubhaykun25

Bagi para pecinta alam, Celebes Canyon bukanlah tempat yang asing lagi. Namun bagi wisatawan, tempat ini perlahan mulai jadi primadona.

Photo via husainhs

Setibanya di lokasi ini, Anda akan disambut oleh hamparan sawah dan lading yang hijau sejauh mata memandang. Asyik juga untuk berjalan-jalan menyusuri area ini sebelum tiba ke atraksi utamanya – Celebes Canyon.

Photo via nurulithaa

Celebes Canyon

Lokasi: Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan
Cara ke Sana: Dari Kota Makassar, Anda dapat langsung ke Kabupaten Barru melewati Maros via Jl. Makassar – Maros. Dari Maros, lanjutkan ke Kabupaten Barru lewat Jl. Pangkajene – Barru. Setibanya di Barru, terus ke Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja dan tinggal ikuti papan petunjuk. Koordinat di sini.

4. Dua air terjun tersembunyi di sekitar Makassar: Air Terjun Lengang dan Air Terjun Batulappa

Kami menemukan bukan cuma satu, namun dua buah air terjun tersembunyi paling indah di sekitar Makassar yang akan memanjakan mata dan membuat liburan Anda kian berkesan!

4-a. Berenang di infinity pool alami bertingkat dua: Air Terjun Lengang (2,5 jam dari Makassar)

Apakah Anda tertarik mencoba berenang di infinity pool alami? Di sini Anda akan menemukan infinity pool alami, kolam air terjun, dan memiliki dua tingkat!

Photo by pallunk

Di Air Terjun Lengang ini alam telah menciptakan sebuah infinity pool dengan air bening dan sejuk yang tak hentinya mengalir menuju kolam air terjun di  yang ada di bagian bawahnya.

Photo by herrakusumaningrum

Photo via arzal ashari

Air Terjun Lengang

Lokasi: Bontomanai, Desa Laiya, Kecamatan Cendrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan
Cara ke Sana: Jalanan menuju ke sini memiliki kondisi yang sangat menantang (melalui hutan, berbatu dan menanjak), jadi disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua yang kondisinya prima. Koordinat di sini.

4-b. Keunikan air terjun bertingkat tujuh: Air Terjun Batulappa (2,5 jam dari Makassar)

Air terjun yang satu ini bisa dibilang sangat unik karena memiliki undakan-undakan. Bahkan pada beberapa undakan pengunjung dapat berdiri di tengah-tengahnya sambil mengambil gambar.

11-c-1-batulappa-by-ichal.pj

Photo via ichal.pj

Berjarak sekitar 2-3 jam perjalanan dari Kota Makassar, lokasi air terjun ini cukup jauh dari keramaian, sehingga Anda bisa menikmatinya seorang diri!

11-c-2-via-riaariyani_rheey

Photo via riaariyani_rheey

Photo via riaariyani rheey

Air Terjun Batulappa

Lokasi: Batulappa, Desa Tompo, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan
Cara ke Sana: Dari Makassar Anda menuju ke Kabupaten Barru. Setelah melewati jembatan yang ada di pusat kota, cari Jl. Pahlawan untuk menuju Desa Tompo. Tiga puluh menit kemudian Anda akan tiba di Dusun Batulappa, tempat air terjun ini berada. Koordinat di sini.

5. Menuruni tangga langsung ke laut: Amatoa Resort (5 jam dari Makassar)

Meskipun terletak di ujung selatan daratan Sulawesi Selatan atau sekitar 200Km dari Kota Makassar, namun Tanjung Bira merupakan salah satu kawasan paling indah di provinsi ini. Selain pantainya  yang cantik, alasan lain yang membuat kami jatuh hati dengan tempat ini adalah adanya resort yang memiliki akses tangga langsung menuju laut.

Photo via niindy, tid c

Amatoa Resort benar-benar menawarkan suasana pulau yang tenang dan damai, berbeda dengan Kota Makassar yang begitu dinamis. Pasti Anda tak menduga akan menemukan tempat seperti ini di sekitar Makassar!

Photo via antoniadina, ganzalfi

Walau nama Tanjung Bira sudah cukup populer di kalangan wisatawan, namun Anda tidak akan terganggu dengan ramainya pengunjung ketika berada di resort ini, karena hanya memiliki 9 buah bungalow yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas keren berupa akses langsung ke kolam renang, serta kamar-kamar menghadap lautan.

Photo by tid c, ikraodhie

Jadi tak usah pusing membayangkan harus berdesak-desakan dengan turis lain di Pantai Tanjung Bira, karena Amatoa Resort cukup eksklusif dan juga menawarkan keindahan alam Tanjung Bira yang spektakuler khusus bagi para tamu yang menginap.

Photo by tid c

Karena berada di tebing di ujung selatan Sulawesi, di sini Anda bisa bebas memandang pesona surga tropis. Langit biru, pantai berpasir putih, dan laut yang sejernih kristal tampak sangat serasi dengan konsep resort yang bertema tradisional dengan menggunakan struktur bambu dan kayu ini.

Photo by ristianaeteng

Oh ya, Anda pasti takjub mengetahui bahwa tepat di depan resort ini terdapat hamparan terumbu karang yang cantik. Pasti asyik kalau snorkeling di sini!

Photo via nadiyah.shahab, mardiaaaniii

PS: Tak perlu bingung urusan perut, di resort ini juga terdapat restoran yang menyajikan hidangan khas Indonesia dan Eropa.

Amatoa Resort

Harga mulai dari Rp1.500.000,- per malam

Lokasi: Jl. Pasir Putih No.6, Bulukumba Bira, Sulawesi Selatan
Telepon: 0812 4296 5500

Website  

6. Miniatur Grand Canyon yang memukau: Bendungan Kampili, Kabupaten Gowa (1 jam dari Makassar)

Salah satu tempat di sekitar Makassar yang akhir-akhir ini kerap digunakan untuk lokasi pemotretan pre-wedding adalah bendungan yang terletak di Desa Kampili ini.

Photo via detyosjourney

Sekilas, tak ada yang tampak istimewa dari bendungan ini, persis seperti bendungan-bendungan kebanyakan. Namun ketika Anda turun ke bagian dasarnya, maka pemandangan yang sungguh menakjubkan terdapat di depan Anda.

Photo via caturpalinggi

Pada bagian bawahnya, bendungan ini memiliki formasi deretan bebatuan dengan bentuk-bentuk dan kelok-kelok alami yang sangat unik, mirip dengan Grand Canyon dalam versi mini. Di sela-sela bebatuan tersebut terdapat aliran air dari Sungai Jeneberang yang menciptakan kolam-kolam alami nan jernih.

Photo via akrms

Bendungan Kampili

Lokasi: Desa Kampili, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
Cara ke Sana: Dari Makassar ke arah barat menuju Gowa. Setelah melewati jembatan kembar Sungguminasa Gowa, ambil belokan pertama ke kiri mengarah ke kampus IPDN. Jalan ini akan membawa Anda menuju ke bendungan. Koordinat di sini.

7. Surga di kaki gunung: Danau Tanralili (2 jam dari Makassar)

Saat berlibur ke Makassar, tak ada salahnya untuk meluangkan waktu dengan mengunjungi tempat yang satu ini.

Berjarak sekitar 2 jam berkendara dari Makassar, tepatnya di Dusun Lengkese yang berada di kaki Gunung Bawakaraeng, Anda akan menjumpai danau dengan sejuta keindahan ini.

Photo via rijalandii

Danau yang dikelilingi oleh Lembah Loe ini terbentuk secara alami dan memiliki panorama yang luar biasa. Meskipun begitu, untuk mencapainya bukan perkara mudah karena membutuhkan usaha ekstra.

Photo by mmusbir

‘Tanralili’ sendiri bermakna ‘tidak dapat ditundukkan’. Mungkin itu untuk menggambarkan perjuangan yang harus Anda lalui sebelum bisa menikmati pesona keindahannya yang tiada tanding. Lihat saja sendiri kalau tak percaya!

Danau Tanralili

Lokasi: Dusun Lengkese, Desa Manimbahoi, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
Cara ke Sana: Dari Makassar ikuti rute ke arah Malono. Lalu lanjutkan perjalanan ke Dusun Lengkese yang lokasinya tak jauh dari Air Terjun  Takapala. Dari Lengkese menuju Danau Tanralili masih harus menempuh waktu perjalanan kurang lebih 3 jam berjalan kaki. Jadi pastikan Anda dan kendaraan dalam kondisi prima. Koordinat di sini.
Tiket Masuk: Rp2.000,-/orang

8. Pendakian menantang ke Mulut Tuhan: Gunung Bawakaraeng, Malino (2,5 jam dari Makassar)

Kalau diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, ‘Bawakaraeng’ memiliki makna ‘Mulut Tuhan’. Mengapa dinamai demikian? Karena, selain menawarkan pemandangan yang luar biasa menakjubkan, para penganut sinkretisme meyakini bahwa Gunung Bawakaraeng merupakan tempat pertemuan para wali.

Photo by aldhy akmad

Agar liburan kali ini tidak biasa-biasa saja, tantanglah diri Anda dengan mendaki puncak gunung tersebut dan saksikan panorama lembah, laut, bahkan Kota Makassar dari ketinggian. Ya, dari atas sini keindahan alam dan lansekap modern membaur menjadi satu.

Photo via erafana

Baik di siang maupun malam hari, selama pendakian Anda akan ditemani oleh view keren di sepanjang perjalanan. Salah satunya adalah Lereng Malino yang merupakan tempat wisata terkenal di Sulawesi Selatan.

Karena tersohor akan keindahannya, pada waktu-waktu tertentu, obyek wisata alam yang satu ini cukup banyak dipadati para pengunjung, baik wisatawan maupun komunitas pecinta alam.

PS: Apabila Anda berencana mengunjungi Danau Tanralili, kami sarankan agar sekalian singgah ke Gunung Bawakaraeng mengingat kedua obyek wisata ini lokasinya berdekatan.

Gunung Bawakaraeng

Cara ke Sana: Sama dengan Danau Tanralili

9. Wisata di pulau-pulau eksotis: Kepulauan Spermonde (Pulau Samalona, Pulau Laelae)

Di wilayah Selat Makassar terdapat gugus pulau-pulau kecil yang dinamai Kepulauan Spermonde dan terdiri dari 115 buah pulau.

Kebanyakan diantaranya merupakan pulau tak berpenghuni, dan sebagian terkenal sebagai destinasi populer untuk snorkeling, diving, atau wisata pantai. Dari total 115 buah pulau, dua pulau berikut ini adalah yang jadi favorit kami!

9-a. Snorkeling di pulau mungil: Pulau Samalona

Bisa dibilang, Samalona adalah pulau yang paling ngetop di gugusan Kepulauan Spermonde. Pulau dengan ukuran mini yang dikelilingi pantai berpasir putih ini terkenal akan pemandangan

English version: https://indonesia.tripcanvas.co/sulawesi/things-to-do-in-makassar-south-sulawesi/

Ditulis oleh Imron Ramadhan
Cerita oleh Cisca Lim



Tags:





Let's socialize




© 2015 | GGTechno
All Rights Reserved


Customer Support
Jl. Perintis Kemerdekaan KM 13
Komp Ruko Bukit Khatulistiwa
Blok B No 8 - Makassar
0411 - 4772290
ticket@primadonabus.com